Biological Sciences Curriculum Study (BSCS)
Eureka Pendidikan. Biological Sciences Curriculum Study (BSCS) merupakan salah satu pusat pengembangan kurikulum dan pembelajaran biologi yang berada di Colorado, Amerika. BSCS telah menghasilkan berbagai dokumen/produk tekait pembelajaran biologi antara lain; kurikulum, buku pedoman guru, guru pedoman siswa, bahasan topik-topik baru, laporan hasil penelitian pendidikan biologi dan pelatihan guru pendidikan biologi.
Pendekatan pembelajaran yang digunakan BSCS mengajarkan siswa untuk memproses informasi dengan menggunakan teknik-teknik yang pernah digunakan oleh para peneliti biologi–misalnya dengan mengidentifikasi masalah-masalah dan menggunakan metode tertentu untuk memecahkan masalah tersebut. BSCS menekankan isi dan proses. Penekanan pertama (isi) berkaitan dengan perilaku manusia dalam ekologi bumi. Sedangkan, penekanan kedua (proses) berhubungan dengan penelitian sains/ilmiah. Kurikulum yang fleksibel dapat bersifat individual sesuai dengan gaya mengajar tertentu dan pengaturan kelas yang unik, belajar yang kolaboratif, penilain berkelanjutan, kegiatan opsional, serta berbagai teknologi pendidikan bisa digunakan untuk kurikulum dalam berbagai situasi belajar. Untuk membantu siswa memahami tujuan/sifat sains, strategi-strategi yang dikembangkan oleh panitia BSCS telah memperkenalkan metode-metode biologi pada siswa. Selain itu, pada saat yang sama, BSCS juga memperkenalkan ide-ide dan fakta-fakta.
BSCS menggunakan empat pendekatan dalam pembelajaran biologi yaitu ecological approach, inquiry approach, molecular approach dan human approach. Ecological approach diterapkan pada jenjang sekolah dasar, inquiry approach untuk jenjang sekolah menengah (SMP dan SMA), molecular approach untuk SMA dan Perguruan Tinggi dan human approach untuk Perguruan Tinggi.
DAFTAR PUSTAKA
BSCS, 2007, Profiels in Science A Guided to NSF-Funded High School Instructional Materials Second Edition, BSCS Profesional Development: Colorado Springs.
BSCS. 2015. Biology: A Human Approach diakses pada tanggal 22 Maret 2015 di alamat http/www.bscs.org/bscs/human/approach
BSCS.2015. A Human Approach Research Study Reportt to Kendall/Hunht diakses tanggal 22 Maret 2015 di http://www.bscs.org/researchevaluation/data/generalreports.html
Fitriani, S. 2012. Penerapan Model Connected Bervisi Science Environment Technology Society Pada Pembelajaran IPA Terpadu. Unnes Science Education Journal 1 (2) (2012).
Glencoe, 2006, BSCS Biology A Molecular Approach Blue Version ninth edition, Columbus: The Mc Graw Hill Companies.
Hosnan (2014) Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajara Abad 21”
Jean P. Milani, 2007. An Ecological Approach sixth edition BSCS Green Version . Colorado Springs. Colorado Springs
Mark Dabling Blvd (2008) Why Does Inquiry Matter? Because That’s What Science Is All About!. Colorado Springs: Kendall /Huntpublishing Company
Nancy M. Landes, Janet Carlson Powell, 2007. BSCS an Ecological Approach Biology . Colorado Springs. Professional development.
Nurjanah, S. 2010. Model pembelajaran dan pendekatan STS (Science Technology Society). Depdiknas: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan
Ratri, S.Y. Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) bagi Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY
Rodger, dkk. 2006. The BSCS 5E Instructional Modal: Origin, Effectiveness, and Applications. Colorado: Mark Dabling Boulevard Colorado Spring.
Setyaningsih, N.I. 2011. Implementasi Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, And Society) Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Di Mi Al-Islam Kauman Sukorejo Kendal Tahun 2011. Semarang: IAIN Semarang
Steve Olson And Susan Loucks-Horsley (2000) Inquiry And The National Science Education Standards, A Guide For Teaching And Learning Alih Bahasa Ismunandar...[Et Al.] (2013) Inkuiri Dan Standar-Standar Pendidikan Sains Nasional . Bandung: SEAMEO QITEP In Science.
Studying High School Science Achievement In Washington (2012) Washington. MDRC Research Methodology
Suyanto, Slamet (2011) Pembelajaran Biologi Dengan Pendekatan Dan Siklus Belajar 5E Dari BSCS Untuk Pengembangan Karakter. Prosiding Seminar Nasional“BIOLOGY AND LOCAL WISDOM; Past, Present And Future”: Universitas Negeri Yogyakarta