Contoh Kerangka Penulisan Skripsi Bab 1 dan Bab 2
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Eureka Pendidikan. Pendidikan dilaksanakan untuk melahirkan generasi bangsa yang cerdas secara otak atau intelektual dan juga berkarakter bangsa. Hal ini tercantum dalam UU RI No. 20 tahun 2003 bahwa “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.
B. Batasan Masalah
Adapun batasan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Studi komparatif dalam penelitian ini dibatasi hanya menganalisis perbedaan variabel yang telah ditetapkan.
2. .............................
C. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah disampaikan, maka dapat dikemukakan rumusan masalah sebagai berikut:
1. Apakah ada perbedaan yang signifikan Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe TPOT dan tipe ARIAS terhadap prestasi belajar fisika siswa?
2. ………………………..
D. Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah yang telah diuraikan di atas, tujuan penelitian ini adalah :
1. Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe TPOT dan tipe ARIAS terhadap prestasi belajar fisika siswa.
2. ………………………..
E. Kegunaan Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kegunaan terhadap pengembangan pembelajaran. Adapun kegunaan penelitian ini di antaranya adalah sebagai berikut:
1. ……………………………….
BAB II
KAJIAN TEORI DAN HIPOTESIS PENELITIAN
A. Kajian Pustaka
1. Studi Komparatif
2. Strategi Pembelajaran Kooperatif
a. Pengertian Strategi Pembelajaran
b. Pengertian Pembelajaran Kooperatif.
c. Pengertian Strategi Pembelajaran Kooperatif
d. Karakteristik dan Prinsip Strategi Pembelajaran Kooperatif
e. Keunggulan dan Kelemahan Strategi Pembelajaran Kooperatif
3. Model Pembelajaran TPOT dan ARIAS
a. Pengertian Model Pembelajaran
b. Model Pembelajaran TPOT
1. Pengertian Model Pembelajaran TPOT
2. Langkah-Langkah Model Pembelajaran TPOT
3. Kelebihan dan Kelemahan Model Pembelajaran TPOT
c. Model Pembelajaran ARIAS
1. Pengertian Model Pembelajaran ARIAS
2. Komponen-Komponen Model Pembelajaran ARIAS
3. Langkah-Langkah Model Pembelajaran ARIAS
4. Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran ARIAS
4. Prestasi Belajar Fisika
a. Pengertian Prestasi
b. Pengertian Belajar
c. Teori Belajar
1) Teori Konstruktivisme
2) Teori Behaviorisme
3) Teori R. Gagne
d. Hakikat Fisika
e. Pengertian Prestasi Belajar Fisika
f. Penilaian Prestasi belajar Fisika
g. Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Fisika
5. Aktivitas Pendidikan Berkarakter
a. Aktivitas
b. Pengertian Pendidikan Berkarakter
c. Bentuk Aktivitas Pendidikan Berkarakter Siswa
B. Kerangka Berpikir
C. Hipotesis Penelitian
Berdasarkan kajian pustaka dan kerangka berpikir di atas, peneliti mengajukan hipotesis penelitian sebagai beikut:
- Ada perbedaan yang signifikan Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe TPOT dan tipe ARIAS terhadap prestasi belajar fisika siswa.
- Ada perbedaan yang signifikan aktivitas pendidikan berkarakter siswa tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar fisika siswa.
- Adainteraksi antara Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe TPOT dan tipe ARIAS dengan aktivitas pendidikan berkarakter siswa terhadap prestasi belajar fisika siswa.