LEMBAR OBSERVASI ASPEK psikomotorik
Pedoman Pengsokoran
- Objek yang dinilai adalah aspek Psikomotorik peserta didik dalam kelompok.
- Pengamatan dibantu oleh dua orang pengamat dalam mengamati.
- Penilaian dilakukan dengan cara memberi tanda cek (√ ) pada lajur yang tersedia.
- Isilah aspek yang dinilai mengikuti tabel pengsokran dibawah!
Kriteria Pengskoran
Kriteria Pengskoran | Skor |
Dilakukan benar dan paling lama 60 detik | 5 |
Dilakukan benar dan paling lama 90 detik | 4 |
Dilakukan benar dan paling lama 120 detik | 3 |
Dilakukan tapi salah | 2 |
Dilakukan tapi tidak selesai | 1 |
Aspek yang dinilai
No | Alat Ukur | Aspek yang diamati | Skor Assesmet |
I | Kategori: Peniruan | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
1 | Mistar | 1. Mistar digunakan dengan cara yang benar. 2. Pembacaan mistar tidak melakukan dengan kesalahan paralaks 3. Penulisan angka penting sesuai dengan aturan nst yang ada pada mistar |
|
|
|
|
|
2 | Jangka Sorong | 1. Menggunakan Jangka Sorong dengan cara benar 2. Pembacaan Jangka Sorong Menghindari kelsalahn paralaks 3. Penulisan Angka Penting sesuai dengan aturan nst yang ada pada mistar |
|
|
|
|
|
3 | Neraca Pegas | 4. Menggunakan Neraca Pegas dengan cara yang benar. (Tegak Lurus) 5. Membaca Neraca Pegas pada bagian berat . 6. Membaca skala dengan posisi tegak lurus terhadap skala. 7. Penulisan angka penting pada pembacaan neraca pegas sesuai dengan aturan penulisan angka panting hasil pengamatan. |
|
|
|
|
|
II | Kategori: Ketetapan | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
4 | | 1. Membaca berat setelah beban berhenti berosilasi 2. Mebaca pertambahan panjang setelah karet berhenti bergerak 3. Keterampilan menyusun dan melaukan praktikum |
|
|
|
|
|
Skor Total |
|
Rerata |
|
Pengamat
( )
Sumber.
Tawil, Muhammad. 2011. Model Pembelajaran Sains Berbasis Portofolio disertai dengan assesmen. Makassar: Badan Penerbit UNM